The Big Five Model of Personality, Pengertian dan Contoh!

Jelaskan The Big Five Model of Personality, dan berikan contoh pekerjaan yang tepat sesuai dengan masing-masing kepribadian tersebut!!

The Big Five Model of Personality adalah lima besar model kepribadian manusia yang terdiri dari: openness to experience, conscientious, Extraversion, Agreebleness, dan Neuroticisme, yang biasa disingkat OCEAN.

The Big Five Model of Personality

Komponen dari masing-masing dimensi kepribadian adalah sebagai berikut:

1. Openness to Experience

The Big Five Model of Personality yang pertama adalah Openness to Exprience. Dimensi Kepribadian Opennes to Experience ini mengelompokan individu berdasarkan ketertarikannya terhadap hal-hal baru dan keinginan untuk mengetahui serta mempelajari sesuatu yang baru.

Karakteristik positif pada Individu yang memiliki dimensi ini cenderung lebih kreatif, Imajinatif, Intelektual, penasaran dan berpikiran luas.

Sifat kebalikan dari “Openness to Experience” ini adalah individu yang cenderung konvensional dan nyaman terhadap hal-hal yang telah ada serta akan menimbulkan kegelisahan jika diberikan tugas-tugas baru.

• Contoh jenis pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ini yaitu: pemandu wisata atau pilot.

2. Conscientiousness

Individu yang memiliki Dimensi Kepribadian Conscientiousness ini cenderung lebih berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan ataupun penuh pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan, mereka juga memiliki disiplin diri yang tinggi dan dapat dipercaya. Karakteristik Positif pada dimensi adalah dapat diandalkan, bertanggung jawab, tekun dan berorientasi pada pencapain.

Sifat kebalikan dari Conscientiousness adalah individu yang cendurung kurang bertanggung jawab, terburu-buru, tidak teratur dan kurang dapat diandalkan dalam melakukan suatu pekerjaan.

• Contoh jenis pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ini yaitu: seorang akuntan atau sales manager. Pekerjaan tersebut sangat cocok dengan kepribadian conscientiousness karena tugas yang mereka kerjakan memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.