Berita

PT Varmaasia Global Logistik Penipuan Loker?

Tidak sedikit orang yang memperbincangkan tentang PT Varmaasia Global Logistik di beberapa forum. Mereka mempertanyakan kebenaran terkait lowongan kerja yang ditawarkan perusahaan tersebut.

Kalau ngomong soal loker, memang di zaman sekarang cukup sulit untuk mencari pekerjaan tetap. Persaingan yang ketat dalam kebutuhan masyarakat akan lowongan kerja ini menjadi “kesempatan” segelintir oknum melakukan tindak penipuan.

Beberapa kasus interview loker “abal-abal” memang sering ditemukan. Modusnya adalah dengan meminta uang kepada pelamar. Alasannya untuk seragam, pelatihan, dan sebagainya. Namun setelah membayar, pekerjaan pun tak kunjung didapat.

Oleh karena itu, kita harus waspada dan berhati-hati ketika melamar kerja.

PT Varmaasia Global Logistik

Setelah penelusuran yang dilakukan oleh tim bisnise.com, tidak ditemukan profil yang jelas untuk PT Varmaasia Global Logistik. Tidak ada situs resmi dari perusahaan ini, yang mana sebuah perusahaan bonafit harus punya untuk berbagai kebutuhan. Minimal Google Bisnis lah, sehingga orang bisa menemukannya di Google Maps.

Jika kamu coba mencari kata kunci PT Varmaasia Global Logistik di Google, yang kamu temukan adalah beberapa lowongan kerja yang ditawarkan dari perusahaan tersebut. Akan tetapi setelah mimin telusuri lebih dalam, tidak ada dari situs pencari kerja yang kredibel. Seperti Jobstreet dan semacamnya, hanya dari blog dan postingan sosial media.

Karena sulitnya mencari profil PT Varmaasia Global Logistik, mimin memutuskan untuk cek legalitasnya. Untuk pengecekan bisa dilakukan di situs resmi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, ahu.go.id. Hasilnya, profil PT juga tidak ada alias tidak terdaftar.

PT Varmaasia Global Logistik Tidak Ada
pencarian profil PT Varmaasia Global Logistik

Dengan tidak jelasnya profil dan legalitas perusahaan, kemungkinan lowongan yang ditawarkan dari PT Varmaasia Global Logistik ini tentunya semakin besar.

Pengalaman Pelamar Lowongan Kerja PT Varmaasia Global Logistik

Minimnya profil dari perusahaan, membuat mimin berinisiatif untuk “menyelam” ke beberapa forum yang mendiskusikan tentang lowongan kerja. Dalam beberapa thread diskusi, mimin berharap bisa mendapatkan informasi lebih banyak untuk mendapat titik terang mengenai benar atau tidaknya loker yang ditawarkan.

Alhasil, mimin berhasil menemukan orang yang mendapat tawaran kerja dari perusahaan yang mengaku bergelut dibidang pengiriman barang ini. Berikut ini panggilan interview yang didapat melalui pesan SMS:

📌 Pemberitahuan jadwal Interview Kerja.
PT. Varmaasia Global Logistik
( Cargo Pengiriman Barang )

Perihal : PANGGILAN INTERVIEW
NO: I/MED/HRD/017/2022
Dari IBU DIAN, S.E. ( Hr.Development )

Mengundang anda untuk mengikuti proses Interview, silahkan bawa bawa lamaran / CV langsung diinterview saat itu jg
( Walk In Interview ). yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : SELASA, 25 JANUARI 2022
Pukul : 08:00 s/d 13:00 WIB (Antara)

Alamat Kantor Pusat Seleksi :
Jl. RAYA BOGOR NO 4 BLOK D, RT 1/ RW 4, CILILITAN ,KEC. KRAMAT JATI , KOTA JAKARTA TIMUR , DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA 13510

LOKASI : RUKAN KRAMAT JATI, 50 METER DARI RUMAH SAKIT RESTU KASIH dan SAMPING FURNITURE JAYA ABADI (ada gang atau gerbang, masuk kedalam 50 meter kantrnya disamping Antar Aja Logistic)

Rute maps:
https://maps.google.com/?q=-6.266456,106.866451&entry=gps

(Untuk titik maps pas didepan gerbang kantor, jadi masuk kedalam skitar 20 meter. Kantornya disamping Antar Aja Logistic)

Rute Transportasi :
1) Jika naik kereta KRL turun Stasiun Kalibata dari stasiun Kalibata naik ojek online pesen ke rumah sakit restu kasih. Kantr kt 50 mter dr rumah sakit restu kasih, disamping toko funiture masuk kedalam 50 meter. Kantrnya disamping Antar Aja Logistic.
2) Jika naik busway turun di Halte PGC, kantor kt 200 meter dr Mall PGC dan 50 mter setelah rumah sakit Restu Kasih.
3) Jika naik motor atau kendaraan lainnya bisa ambil arah Mall PGC, dari PGC ambil arah rumah sakit Restu Kasih. kantor kt setelah rumah sakit Restu Kasih.

Persyaratan :
• Membawa CV lamaran, fc ktp, fc Ijazah, fc KK, Foto 3×4 1 lembar, daftar riwayat hidup dan SKCK (bisa mnyusul jika blm siap)
• Berpakaian kemeja bebas rapi & sopan, membawa alat tulis dan Wajib menggunakan masker
(Jika ada berkas lamaran belum siap bisa menyusul, bagi yang baru lulus bisa melampirkan SKL)

Sampaikan ke Receptionist ingin bertemu dengan IBU DIAN

Konfirmasi KEPASTIAN Anda Hadir : SIAP/TIDAK_Nama

NB :
Penempatan kerja Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK ), Cikarang & Karawang terdekat sesuai domisili.
Boleh ajak teman/saudara yg serius ingin melamar kerja.
Hasil Interview Langsung diumumkan tidak ada menunggu Panggilan.
Kantor tetap beroperasional sesuai protokol kesehatan & ijin dinas ketenagakerjaan.
(Bersedia Bekerja Di Masa PPKM)

Bagi yg sudah konfirmasi SIAP HADIR, Kami tunggu kehadirannya di kantor.

Terimakasih

Regards
DIAN, S.E
( Div. HR_Development ).

Dan setelah si pelamar ini menghadiri interview pada waktu dan lokasi yang ditentukan, ia mengaku dimintai sejumlah uang. Tepatnya uang dengan nominal sebesar RP750.000 dengan alasan untuk seragam dan ID Card.

Penipuan Loker PT Varmaasia Global Logistik

Yap, tidak masuk akal memang. Masa belum kerja sudah disuruh bayar, apalagi dengan nominal yang lumayan cukup besar.

Biasanya memang ada beberapa perusahaan membebankan biaya kepada karyawan barunya. Mungkin untuk seragam, pelatihan, atau hal lainnya. Akan tetapi, pembayaran bukan diminta secara langsung. Pembayaran akan dipotong dari gaji pertama setelah pelamar diterima dan bekerja.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa tawaran atau lowongan kerja dari PT Varmaasia Global Logistik ini adalah penipuan. Alasan pertama adalah profil dan legalitas dari perusahaan yang tidak jelas. Kedua, dari pengalam orang yang mendatangi panggilan interview, pelamar dimintai sejumlah uang meskipun belum diterima bekerja.

Tetap waspada kepada lowongan kerja yang beredar. Pastikan perusahaan yang membuka loker jelas. Tidak hanya itu, pastikan memang benar perusahaan tersebut sedang membutuhkan lowongan kerja. Karena ada beberapa kasus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan ternama.

Untuk info lowongan kerja terbaru lainnya, bisa cek di kategori: Loker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button