9 Ide Usaha Sampingan yang Hasilnya Sangat Menggiurkan Di 2022

Hingga saat ini sudah banyak mereka yang sudah bekerja untuk mencari usaha sampingan. Tidak hanya yang bekerja tetapi para Ibu Rumah Tangga hingga mahasiswa ada saja yang mencari ide usaha sampingan. Dikarenakan menurut mereka dengan memiliki usaha sampingan akan menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Dengan pendapatan tambahan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Membuka usaha memang harus memiliki modal yang besar apalagi untuk sewa tempat. Jangan khawatir, dengan teknologi zaman sekarang bisa dibantu oleh media sosial dalam usaha sampingan Anda agar berkembang cepat. Jika Anda di perusahaan tersebut yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola usaha sampingan Anda. Apalagi untuk Anda yang masih bekerja tetapi gaji kecil dan ingin membuka usaha sampingan. 

 

Mari kita simak beberapa ide usaha sampingan yang hasilnya bisa menggiurkan terbaik tahun 2022.

  • Jasa Desain Grafis 

Usaha sampingan yang pertama jika Anda bekerja di perusahaan dalam bidang desain grafis. Hal ini bisa Anda lakukan untuk menjual skill dan keterampilan Anda kepada orang-orang yang membutuhkan jasa desain grafis. Seperti jasa desain yang banyak dicari seperti membuat poster, logo, interior, template dan yang lainnya.  Tidak semua orang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, maka dari itu terkadang orang-orang mencari jasa desain untuk mewujudkan konsep desain yang diinginkan. Dengan membuka jasa desain ini kamu bisa mendapatkan uang tambahan, bahkan bisa sampai jutaan setiap bulannya. 

  • Usaha Makanan Ringan

Ide usaha sampingan yang selanjutnya ini sudah banyak yang mencobanya yaitu usaha makanan ringan atau cemilan. Contoh usaha makanan ringan seperti cemilan yaitu snack pedas, salad buah, kue, coklat, roti dan masih banyak lagi yang makanan berbentuk cemilan. Untuk menawarkan makanan ringan Anda, bisa dimulai dari teman kantor, tetangga, lalu Anda bisa langsung tawarkan di media sosial yang Anda miliki. Bicara dengan modal yang dikeluarkan tidak perlu besar, Anda hanya bisa membuatnya sendiri atau menjadi reseller dan mengambil barang dari beberapa supplier makanan ringan.

  • Guru Privat/Les

Ide usaha sampingan yang selanjutnya jika Anda memiliki skill dalam mata pelajaran sekolah ini bisa menjadi peluang usaha sampingan Anda. Dari usaha ini Anda bisa mendapatkan uang tambahan yang lumayan besar, apalagi jika Anda mengikuti freelance di salah satu tempat privat atau les. Untuk awal untuk menjadi guru privat, sebaiknya Anda menawarkan jasa ini ke anak-anak sekolah terdekat yang sedang mencari guru privat atau les.

  • Toko Online 

Jika kamu memiliki produk yang dibuat sendiri atau masih mengambil barang dari supplier saatnya kamu menjual di berbagai platform media sosial atau e-commerce. Selanjutnya cara untuk membuka online shop bisa dengan membuka toko online dengan platform website atau menggunakan marketplace aeperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan yang lainnya. Untuk media sosial kamu bisa gunakan Instagram atau TikTok karena sudah ada fitur berbelanja. Produk yang Anda bisa jual bisa seperti pakaian, tas, sepatu, accesoris, makeup atau kebutuhan sehari-hari lainnya. 

  • Membuka Jasa Titip 

Ide usaha sampingan selanjutnya Anda bisa membuka jasa titip barang brand di suatu Mall atau barang dari luar negeri. Biasanya orang melakukan jasa titip ini karena tidak ada waktu untuk berbelanja atau kehabisan barang di suatu toko. Sekarang sudah banyak jasa titip online yang menjual di berbagai media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan mereka memberikan harga jasa titip biasanya 1 item dimulai dari Rp. 15.000 saja. Untuk produk yang dijual biasanya dari toko yang ada di Mall seperti fashion, skincare, makeup, makanan atau yang lainnya.

  • Usaha Makanan dan Minuman Siap Saji 

Ide usaha sampingan selanjutnya menjual makanan dan minuman siap saji, hingga kini sudah banyak orang yang mencobanya. Makanan siap saji yang bisa Anda tawarkan dimulai dari ayam geprek, nasi uduk, bakso, bakmi, seblak, cireng bumbu, sambal cumi, sambal goreng, rendang dan masih banyak lagi. Itu semua beberapa makanan yang banyak diminati dan laku keras. Untuk minuman siap saji, Anda bisa menawarkan kopi, jus buah, es campur dan masih banyak lagi. Menawarkan makanan dan minuman siap saji, Anda bisa melalui aplikasi Gojek, Grab atau Shopee Food. Tetapi yang baru memulai, Anda bisa tawarkan ke teman kantor atau teman dekat Anda.

  • Usaha Thrifting 

Mungkin beberapa orang tidak mengetahui usaha thrifting yang sedang berkembang pesat hingga saat ini. Usaha thrifting merupakan usaha yang menjual barang bekas yang masih layak pakai. Usaha ini mampu menjadikan ide usaha sampingan untuk Anda, karena dengan usaha ini memiliki penghasilan yang cukup besar hingga jutaan. Produk yang Anda bisa jual seperti pakaian, celana, sepatu, tas dan masih banyak lagi. Anda bisa mendatangi beberapa supplier yang menjual produk thrifting atau bisa langsung pergi ke beberapa pasar yang menjual barang bekas. Contohnya, Pasar Senen Jakarta, Blok M Square Jakarta, Pasar Baru Jakarta, Pasar Gedebage Bandung, dan masih banyak lagi. 

  • Blogger 

Untuk Anda yang hobi menulis ini bisa menjadi cara ide usaha sampingan. Menjadi blogging ini bisa menghasilkan puluhan juta setiap bulannya. Buatlah blog Anda dengan ide konten yang menarik akan banyak pengunjung yang membaca blog hasil Anda. Darimana saja Anda saat menghasilkan uang dari blog? Yang pertama dari iklan dan harus bergabung dengan Google Adsense. Yang kedua dari sponsored posts, Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengulas suatu produk di blog Anda sendiri. Penghasilan menjadi blogger dimulai dari ratusan hingga jutaan. 

  • Usaha Depot Air Minum 

Ide usaha sampingan yang terakhir, Anda bisa membuka usaha depot air minum. Dikarenakan air merupakan kebutuhan masyarakat sehari-hari dan harganya cukup terjangkau. 

 

9 rangkuman ide usaha sampingan diatas semoga menjadi manfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis sampingan. Semoga Sukses!