Gaji Penerjemah Bahasa Inggris yang Perlu Anda Ketahui

Gaji Penerjemah Bahasa Inggris – Mungkin tidak banyak orang mengenal dengan profesi penerjemah bahasa asing khususnya bahasa inggris. Sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan profesi penerjemah untuk memperoleh keberhasilan yang besar ke seluruh di dunia. Tidak hanya itu, menjadi penerjemah akan memiliki relasi dan peluang pekerjaan yang cukup luas.

 

Tetapi, apakah Anda penasaran dengan berapa gaji penerjemah bahasa inggris. Sebelum kami memberi informasi mengenai hal itu, ada yang perlu Anda ketahui yaitu tentang profesi penerjemah bahasa inggris. 

 

Apa itu Penerjemah? 

 

Penerjemah merupakan kemampuan dalam menguasai bahasa asing untuk mengubah dari satu bahasa ke bahasa lain baik secara lisan maupun tulisan. Penerjemah harus menyampaikan sebuah makna yang terkandung dalam pesan tersebut. Tanggung jawab seorang penerjemah yang pertama harus membuat teks terjemahan yang akurat. Mampu menulis dan mengedit hasil terjemahan agar mudah dipahami. Untuk membantu dalam menerjemahkan dibantu dengan aplikasi atau software khusus untuk mengunduh konten. Berkonsultasi dengan seseorang yang profesional atau ahli dalam bidang tertentu jika dibutuhkan dalam proses penerjemahan. 

 

Berapa gaji penerjemah bahasa inggris?

 

Rata-rata gaji penerjemah bahasa inggris dimulai dari Rp. 3.000.000 hingga Rp. 10.000.000 tergantung dengan pengalaman dan skill masing-masing yang dimiliki. 

 

Pemula / Tidak Berpengalaman Rp. 4.660.132
Kurang dari 5 Tahun  Rp. 4.754.273 – Rp. 5.360.428
5-10 Tahun  Rp. 5.468.716 – Rp. 5.924.189
Lebih dari 10 Tahun  < 6.165.960

 

Untuk menjadi seorang penerjemah  harus memiliki pengalaman ini salah satu parameter yang penting untuk menentukan jumlah gaji. Rincian gaji di atas masih rata-rata karena semua itu ditentukkan oleh skill, pengalaman  serta keterampilan yang Anda miliki.

 

Agar Anda bisa menambahkan pengetahuan mengenai profesi penerjemah bahasa inggris, simak beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang penerjemah. 

 

Skill Profesi Penerjemah Bahasa Inggris 

  • Kemampuan Bahasa Inggris 

Skill ini menjadi salah satu kunci untuk Anda bisa menjadi seorang penerjemah. Anda harus menguasai kemampuan memahami dengan baik, kemampuan menulis, dan memahami budaya setempat. Pendidikan yang ditempuh biasanya dimulai  D3, S1 hingga S2 dengan jurusan Sastra Inggris. 

  • Menerjemahkan 

Selanjutnya, Anda harus memiliki skill menerjemahkan. Dikarenakan menjadi seorang penerjemah harus dituntut menguasai bahasa asing agar bisa menerjemahkan sesuatu. 

 

  • Kemampuan Menulis yang Baik
    Skill menulis akan menjadi kegiatan sehari-hari karena ini sangat bermanfaat bagi profesi penerjemah. Saat Anda sudah menerjemahkan sebuah pesan, lalu hal itu perlu dituliskan hasil pemahamannya tersebut ke bahasa sasaran. Pengolahan kata pun harus diperhatikan agar saat menulis akan tersampaikan dengan baik.

  • Memahami Budaya 

Mengapa menjadi penerjemah harus memahami budaya karena kemampuan ini akan membantu konteks dalam menerjemahkan kalimat. Jika kalimat dibaca oleh pembaca akan memberikan pemahaman yang berbeda-beda. Maka dari itu, dengan budaya ini akan dipengaruhi dalam gaya penulisan dan diksi yang digunakan. 

Usia rata-rata orang yang menjalankan pekerjaan maksimal umur 32 tahun. Jam kerja rata-rata dalam seminggu bagi orang yang menjalankan profesi ini adalah 37 jam/minggu. Menurut beberapa orang yang sudah menjalankan profesi ini  mengaku bahwa mereka puas terhadap pekerjaan dan gaji mereka. Tetapi, profesi penerjemah bahasa inggris ini tidak memiliki jenjang karir yang formal. Tetapi untuk proyek yang semakin besar akan membuat reputasi Anda semakin tinggi. Profesi penerjemah biasanya bekerja di kantor pemerintah seperti kedutaan luar negeri atau perusahaan swasta. Untuk freelance di rumah juga masih bisa bekerja untuk profesi penerjemah bahasa inggris.