TipsTutorial

Cara Mudah Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol – Bisnis online memang sangat cocok ditekuni saat ini. Sesuai dengan zaman milenial saat ini. Semua serba digital, serba praktis dan simpel. Hampir setiap orang tidak lepas dari gadget mereka. Entah untuk bekerja, bersosialisasi, komunikasi, belajar, dan masih banyak lagi.

Dunia maya yang tak terbatas memberi kebebasan setiap orang untuk berekspresi dan melakukan banyak hal. Tak heran jika saat ini banyak orang lebih sering berinteraksi di dunia maya daripada di dunia nyata.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Bisnis sendiri tak memandang usia. Banyak alasan orang-orang lebih memilih berbelanja online. Kamu harus mengambil kesempatan ini untuk berbisnis. Jika kamu ingin memulai bisnis, kamu bisa melakukan lima langkah mudah.

1. Riset Pasar

Temukan masalah atau kebutuhan kebanyakan orang saat ini. Kamu harus bisa melihatnya dari berbagai sudut pandang. Misalnya jika kamu seorang pelajar, apa yang kamu butuhkan? Jika kamu seorang wanita, apa yang kamu butuhkan? Hal ini akan berpengaruh terhadap produk dan target pasarmu. Kamu juga bisa melihat tren masa kini. Misalnya, saat ini sedang tren jualan minuman Boba. Kamu bisa memasukkan boba dalam list produk yang akan kamu analisis pasarannya.

2. Menentukan Produk

Kamu ingin menjual jasa atau produk? Jika berjualan produk, tentukan produk yang akan dijual. Cara menentukannya, bisa dengan cara melihat peluang pasar saat ini. Tentu saja berdasarkan riset pasar yang sudah kamu lakukan. Kamu juga bisa menentukan produk berdasarkan hobi atau hal yang kamu sukai. Misalnya kamu suka kucing, jadi kamu akan menjual makanan kucing/membuka pet shop.

Kamu juga bisa menjual produk berdasarkan skill yang kamu miliki. Misalnya kamu jago masak, jago bikin kue, jago bikin kerajinan. Kamu bisa membuat produk itu sendiri kamudian memasarkan secara online. Namun, jika kamu menjual jasa, kamu bisa mempromosikan jasa melalui media sosial. Lain halnya jika berjualan produk, kamu bisa membuka toko online.

3. Mencari Supplier

Langkah berikutnya setelah menentukan produk yang akan dijual adalah mencari supplier yang tepat. Cari supplier yang menjual produk berkualitas, penanganan cepat, dan harga murah. Akan lebih bagus lagi jika suppliernya berada satu daerah denganmu. Jadi, kamu bisa menyurvey produk secara langsung. Selain itu, kamu bisa bertransaksi langsung dengan supplier. Hal ini akan memudahkan kamu jika nantinya ada barang yang reject sehingga bisa menukar produk dengan cepat.

4. Membuat Akun Media Sosial dan Website/Blog

Berjualan online tidak membutuhkan toko di dunia maya. Modalmu hanya smartphone dan komputer. Namun, jika kamu memiliki toko offline, tentu lebih bagus lagi. Karena konsumen yang lokasinya dekat denganmu bisa membeli langsung di toko.

Buat akun media sosial dan website khusus online shopmu. Jangan menggunakan akun pribadi. Hal ini sepele namun penting agar bisnismu terlihat lebih profesional.

5. Memasarkan Produk

Langkah ini sangat penting. Agar khalayak mengetahui produkmu, mengenal tokomu, kamu harus memasarkan produkmu dengan cara yang tepat. Awalnya, kamu bisa membagikan link akun medsos/website ke orang-orang terdekatmu, yang ada di kontak hpmu. Kamu harus lebih aktif berinteraksi di dunia maya.

Karena baru memulai bisnis, kamu juga bisa menyelenggarakan promo untuk memancing pembeli pertama sekaligus follower medsos online shopmu.

Kesimpulan Cara Memulai Bisnis Online Mulai dari Nol

Itu tadi beberapa cara mudah memulai bisnis online mulai dari nol. Kamu nggak harus keluar modal untuk membuka toko online. Kok bisa? Caranya, kamu bisa menjadi dropshiper atau reseller toko-toko yang sudah ada. Kamu nggak harus menyetok barang. Kamu bisa mencari pelanggan dulu dengan cara tersebut. Setelah pelangganmu banyak dan memiliki cukup modal, kamu bisa menyetok barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button