Menilik Gaji Karyawan Google dan Fasilitas Fantastisnya!

Gaji Karyawan Google – Google merupakan perusahaan teknologi yang sangat terkenal di dunia. Perusahaan raksasa dalam bidang teknologi ini menjadi incaran banyak orang untuk bekerja di sana, karena menawarkan gaji pokok yang relatif besar, belum lagi tunjangan yang didapatkan dan dapat dinikmati oleh setiap karyawannya.

Selain itu, perusahaan multinasional ini juga memberikan berbagai fasilitas menarik untuk karyawannya agar mendukung produktivitas dalam bekerja. Satu hal unik membahas tentang fasilitas-fasilitas penunjang tersebut adalah bakal bikin Anda tercengang dan membayangkan pastinya karyawan Google akan betah ketika bekerja di sana.

Beberapa hal yang sudah disebut membuat perusahaan Google banyak diincar dan menjadi tempat kerja impian bagi banyak orang. Mungkin Anda juga bertanya-tanya, berapa gaji karyawan Google? Nah, tidak perlu khawatir. Artikel ini akan membahas lengkap mengenai perusahaan Google dan bekerja di Google, termasuk gaji karyawan Google.

Profil Perusahaan Google

Didirikan pada tahun 1998, Google LLC adalah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang menyediakan berbagai layanan dan produk yang terkait dengan Internet, seperti teknologi pencarian, komputasi, perangkat lunak, perangkat keras, dan iklan online. AdWords merupakan kontributor utama pendapatan perusahaan ini.

Larry Page dan Sergey Brin memulai Google saat mereka sedang menempuh pendidikan doktor di Stanford. Bersama-sama, mereka memiliki 16% saham dari perusahaan. Pada tanggal 4 September 1998, mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta yang memiliki misi “untuk mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat bagi semua orang.” Mountain View, California adalah rumah baru bagi kantor pusat Google saat ini sejak tahun 2006.

Mesin pencarian Google (Google Search) masih menjadi tulang punggung perusahaan meskipun banyak produk dan lain yang dimilikinya. Google adalah mesin pencari default untuk setiap pertanyaan berbasis internet saat ini, bahkan lebih dari 70% permintaan pencarian online di seluruh dunia ditangani oleh Google. Karena itulah brand Google saat ini menjadi salah satu merek dagang paling berharga di dunia.

 

Gaji Karyawan Google

Membahas gaji karyawan Google, tentu saja nominalnya akan sangat bervariasi. Hal ini bergantung dari beberapa faktor penting, seperti posisi, pendidikan, peran pekerjaan, sertifikasi, keterampilan dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa gaji karyawan Google di berbagai posisi:

  1. Executive Assistant hingga CEO – Rp 113.000.000
  2. Engineer in Charge – Rp95.000.000
  3. General Manager – Rp75.000.000
  4. Manager – Rp40.000.000
  5. Development Manager – Rp33.000.000
  6. Accounting Manager – Rp20.000.000
  7. Google adsense Publisher – Rp15.000.000
  8. Team Leader – Rp13.500.000
  9. Computer Programmer – Rp12.000.000
  10. Engineer – Rp10.000.000
  11. Programmer – Rp10.000.000
  12. Safety and Health Staff – Rp10.000.000
  13. Staff – Rp9.000.000
  14. Creative – Rp8.000.000
  15. IT App Development (MT IT) – Rp7.000.000
  16. HR GM – Rp6.500.000
  17. Human Resource Management – Rp6.000.000
  18. Operator – Rp6.000.000
  19. Customer Service – Rp4.000.000
  20. Service Science Management – Rp2.500.000

Tunjangan dan Fasilitas Karyawan Google Indonesia

Selain gaji karyawan Google yang terbilang cukup besar, kantor perusahaan Google juga sering disebut sebagai kantor terasyik di dunia. Mengapa demikian? Karena ketika Anda telah berhasil masuk sebagai karyawan di Google Indonesia, Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas tunjangan yang super nyaman.

Apa saja fasilitas itu? Simak pembahasannya di bawah ini:

  1. Tunjangan fasilitas pendidikan

Karyawan Google berpotensi untuk mendapatkan cuti untuk sekolah dengan biaya pendidikan gratis yang dibayar oleh perusahaan. Program ini disebut dengan Global Education Leave, cocok untuk Anda yang ingin mengembangkan potensi lebih jauh lagi.

  1. Tunjangan kesehatan

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, Google pastinya memberikan fasilitas kesehatan terbaik untuk para pegawainya. Salah satunya lewat asuransi. Di perusahaan Google, asuransi kesehatan terbaik akan mengcover para pegawainya, sebagai jaminan aspek kesehatan jasmani dari masing-masing karyawan. Asuransi ini mengcover banyak hal, mulai dari biaya rawat jalan hingga rawat inap.

  1. Tunjangan kematian

Tidak hanya kesehatan, karyawan Google yang mengalami musibah seperti kematian juga akan diberikan santunan, dengan nominal sebesar 50% dari nominal gaji karyawan tersebut selama 10 tahun.

Jika karyawan telah memiliki anak, Google juga akan memberikan santunan sebesar USD 1000 atau sekitar Rp 14 juta kepada sang anak hingga menginjak usia dewasa, sekitar umur 19-23 tahun.

  1. Cuti melahirkan untuk suami

Cuti melahirkan di perusahaan Google tidak hanya diberikan kepada karyawan wanita yang baru memiliki anak, namun juga diberikan kepada karyawan pria calon ayah. Untuk karyawan laki-laki yang istrinya akan melahirkan, mereka akan diberikan cuti selama kurang lebih 18 minggu. 

Perusahaan Google juga menyediakan fasilitas penitipan anak bagi karyawan yang mengalami kendala  dan repot membawa anak ketika bekerja. Kedua fasilitas ini merupakan nilai plus untuk bekerja di Google, karena termasuk cukup jarang diberikan oleh perusahaan lain.

  1. Diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke kantor

Bagi pegawai yang memiliki hewan peliharaan, Google membolehkan para karyawannya untuk membawa hewan kesayangannya ke dalam kantor. Salah satu fasilitas yang terbilang unik adalah ini, karena tidak banyak perusahaan internasional yang mengizinkan hewan peliharaan untuk dibawa ke lingkungan kantor.

Itulah penjelasan mengenai perusahaan Google, gaji karyawan Google, hingga tunjangan dan fasilitas yang didapatkan ketika bekerja di perusahaan Amerika Serikat tersebut. Semoga membantu bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di sana!