Berita

PT Mayora Indah Tbk Bekasi Penipuan 2022?

Kini topik PT Mayora Indah Tbk Bekasi Penipuan cukup hangat diperbincangkan. Tentunya, Mayora sendiri menjadi sebuah perusahaan cukup ternama. Banyak produknya yang bisa kita temui sehari-hari. Apakah benar ada unsur penipuan dalam perekrutan kerjanya?

Seperti pada pembahasan “PT Varmaasia Global Logistik Penipuan Loker?” dan juga “Apakah PT Rifan Financindo Penipuan Loker 2022?”, kita akan membahas terkait isu penipuan berkedok interview lowongan kerja. Yang mana ini cukup marak terjadi dan sangat merugikan masyarakat dengan memanfaatkan kebutuhan akan lowongan kerja.

Penipuan Mengatasnamakan PT Mayora Indah Tbk

Tentunya sangat tidak mungkin sebuah perusahaan besar melakukan penipuan dengan modus lowongan kerja atau recruitment karyawan. Tapi fakta di lapangan, banyak pencaker yang menerima panggilan interview “abal-abal” mengatasnamakan PT Indah Mayora Tbk.

Modus penipuan dengan menggunakan nama perusahaan besar ini kerap terjadi di wilayah ibu kota. Terutama PT Mayora Indah Tbk Bekasi Penipuan, yang mana memang benar ada kantor dari perusahaan tersebut di daerah bekasi.

Tentunya hal ini juga membuat resah para pelamar kerja. Yang mana PT Mayora sendiri juga membuka lowongan kerja ketika membutuhkan tenaga kerja. Mereka akan kebingugan mencari tahu mana panggilan interview yang asli dan mana yang penipuan.

Tapi tenang, di artikel kali ini bisnise.com akan membagikan tips untuk mengetahui apakah PT Mayora Indah Bekasi Tbk Penipuan atau tidak.

Profil PT Mayora Indah Tbk

Mungkin yang pertama perlu kita ketahui adalah profil dari perusahaan. Sehingga ketika ada penipuan mengatasnamakan perusahaan tersebut, kita bisa langsung mengetahuinya.

Dilansir Wikipedia, PT Mayora Indah Tbk atau Mayora Indah serta Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977. Perusahaan ini terdaftar sebagai perusahaan publik telah tercatat publik di Bursa Efek Indonesia dengan kode IDX: MYOR sejak pada tanggal 4 Juli 1990.

Perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta, dengan alamat dan kontak sebagai berikut:

PT. MAYORA INDAH TBK.
Gedung Mayora Jl. Tomang Raya Kav 21 – 23, Jakarta Barat
Telepon: +62 (21) 806 377 04
Email: consumer@mayora.co.id

Beberapa kantor cabang dan pabriknya tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Untuk mengetahui alamat yang sebenarnya, kamu bisa cek di Google Maps PT Mayora Indah Tbk. Termasuk salah satunya yang berlokasi di bekasi.

Informasi selengkapnya bisa kamu cek di situs resminya mayora.co.id atau untuk informasi loker pada perusahaan tersebut ada di Lowongan Kerja PT Mayora Indah Tbk.

Modus PT Mayora Indah Tbk Bekasi Penipuan

Tidak sedikit para pelamar kerja yang mendapat panggilan interview “HOAX” yang mengatasnamakan perusahaan besar ini. Tentunya bukan dari PT Mayora sendiri ya, melainkan dari oknum penipu. Baik melalui email, sms, hingga WhatsApp. Salah satu contoh panggilan interview palsu bisa kamu cek pada gambar di bawah:

PT Mayora Indah Tbk Penipuan
Contoh panggilan kerja palsu melalui email

Dalam email tersebut, ada beberapa hal yang bisa langsung menunjukkan bahwa panggilan tersebut adalah 100% penipuan alias palsi.

1. Alamat Email

Pada gambar tersebut, email dikirim oleh mayora@indosolution.net yang mana ini bukanlah email resmi dari PT Mayora ataupun situs pencari kerja resmi. Sebelumnya mimin juga sempat coba mengakses domain indosolution.net, namun hasilnya nihil. Situs tidak bisa di akses, yang artinya domain hanya digunakan untuk email saja.

Jika memang dari PT Mayora langsung, seharusnya email menggunakan domain resmi seperti:

  • recruitment@mayoraindah.co.id
  • hrd@mayoraindah.co.id
  • (nama orang)@mayoraindah.co.id
  • atau (jabatan)@mayoraindah.co.id

Intinya, email harus menggunakan domain resmi yakni mayoraindah.co.id, selain itu hampir bisa dipastikan palsu.

2. Lokasi Interview

Perusahaan besar tentunya akan menggunakan alamat kantor resmi untuk melakukan seleksi atau interview bagi calon pekerjanya. Selain itu, besar kemungkinan panggilan tersebut adalah palsu.

Pada gambar di atas juga dilampirkan link Google Maps untuk lokasi intervew. Perusahaan besar tidak pernah melakukan hal ini. Karena memang alamatnya jelas dan kebanyakan orang sudah tahu. Kalaupun harus menggunakan navigasi Google Maps, dicari langsung akan mudah ketemu.

3. Sumber

Pada panggilan interview PT Mayora Indah Tbk Bekasi penipuan alias palsu, biasanya akan ditemukan kalimat “berdasarkan hasil evaluasi data diri yang kami terima via online” tanpa memberitahukan sumber. Apakah online dari situs pencari kerja atau dari mana. Perusahaan resmi akan memberitahukan sumber data yang diterima. Misal dari situs jobstreet atau semacamnya.

Kalimat tersebut memang hanya pemanis, karena sebenarnya penipu tidak mendapatkan data lamaran dari manapun. Sehingga tentu tidak bisa menyebutkan sumbernya.

Biasanya penipu hanya memiliki data berupa nama saja. Yang mungkin didapat dari situs pencari kerja. Mereka mengirimkan panggilan interview palsu secara acak. Entah itu pelamar pernah mengirim ke perusahaan tersebut atau tidak.

Nah, misal kamu tidak pernah merasa melamar tapi dapat panggilan, besar kemungkinan panggilan tersebut PT Mayora Indah Tbk Bekasi penipuan alias palsu. Tapi ada juga sih orang yang lupa karena terlalu banyak mengajukan lamaran. Jadi sebelumnya mungkin coba kamu ingat-ingat dulu.

Kesimpulan

PT Mayora Indah Tbk Bekasi penipuan memang membuat banyak pencaker bingung. Karena isi surat panggilan cukup meyakinkan. Tapi kalau diteliti kembali tentu akan terlihat keganjilan.

Agar terhindar dari modus penipuan ini, kamu harus lebih teliti lagi ketika dapat panggilan kerja. Modusnya sebenarnya adalah memintai biaya dengan alasan keperluan kerja seperti pelatihan, seragam, dan sejenisnya.

Tidak masalah sih kalau kamu datang di panggilan intervew PT Mayora Indah Tbk Bekasi penipuan selama tidak memberikan uang sepeserpun. Akan tetapi dari pengakuan korban, oknum penipu akan memaksa dan melakukan berbagai cara agar korban mengeluarkan uang. Dan lagi waktu kamu akan terbuang percuma.

Untuk info lowongan kerja terbaru, bisa cek di kategori: Loker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button